Rabu, 22 Desember 2010

"we are happy family"...barney the dinosaurus

Pagi ini gue menjadi sangat melow. Efek cerita-ceritaan sama kedua sahabat gue pas SMP semalam & hari ini adalah hari ibu membuat gue ngerasa jadi inspiratif, caring, loving, dan lebih sadar. Sebenernya sebelum entri ini gue lagi dalam project ngerjain dua entri tentang puppy love gue, tapi tampaknya masih harus banyak riset dan kedewasaan buat menerjemahkannya dalam kata-kata.

Yang coba gue bahas kali ini adalah masalah keluarga yang sedang tren beberapa tahun kebelakang, ya, diforce. Gue heran aja kenapa hal vital begituan malah jadi tren. Belum lagi artis yang katanya public figure malah membuat itu kian menjamur. Latar belakangnya juga macem-macem dan aneh-aneh. Waktu pertama-tama tren itu ada gue kaget juga "Waw kok bisa ya?" sejuta "waw" terlempar saat itu.

Pas gue kelas 1 SMA, akhirnya gue melihat peceraian sebagai sesuatu yang real. Salah satu temen baru gue pas SMA ternyata orang tuanya sudah bercerai pas dia SD dan mungkin ade nya TK atau di awal tahun masuk SD. Ke-baru-tahu-an gue tadi juga seiring sama artis cerai yang makin menjamur, dan bahkan jadi sekarang uda pada jadi jamur mungkin. Bukan waktu yang singkat buat gue untuk ngerti keadaan keluarga dan perceraian yang dialami temen gue itu. Apalagi sekarang dia uda punya nyokap tiri dan saudara-saudara tiri yang gue tau lama-lama bahwa mereka bukan kaya keluarga tiri yang di sinetron-sinetron, mereka baik. Gue ngerasa sedih, kasian, pengen lebih tau lebih banyak, sekaligus bingung dan ngerasa ga sopan di awal pertemanan itu.
Karena gue termasuk anak yang terbuka sama orang tua, akhirnya gue cerita ke nyokap tentang temen baru gue itu. Melihat gue yang tampaknya sudah mulai besar, akhirnya nyokap memberi pengertian ini dan itu. Di saat itu juga nyokap mengingat-ngingat tentang kakek dan nenek gue. Iya, gue juga baru 'ngeh jadinya bahwa kakek nenek gue juga cerai. Gue disitu baru sadar makanya kenapa dulu pas kecil gue ga pernah ketemu kakek, wong uda ga serumah gitu. Maklum masih kecil
Meskipun temen gue itu keliatannya ga pernah sedih, punya cara dan managementnya tersendiri buat bagi waktu antara bokapnya yang sebenarnya tinggal sama dia tapi kerja nya di luar kota dan nyokapnya yang tingga di luar kota juga, tapi anak mana sih yang ga sedih. Saat itu gue cuma janji buat selalu berusaha bikin dia save & bahagia :)
***
Gue pribadi alhamdulillah ga pernah ngalamin. Ortu gue juga bukan tipe ortu yang sering berantem, alhamdulillah. Tapi keadaan agak beda saat gue kelas 1 & 2 SMA. Ada sesuatu yang ngeganggu keharmonisan keluarga dan berasal dari keluarga gue sendiri. Saat itu secara ga langsung gue harus jadi tempat curhat orang serumah dan part-time jadi decision maker. Gue keliatan kuat, memang, tapi sering nangis sendiri juga pada akhirnya. Pernah akhirnya gue curhat sama temen gue yang tadi, dia ngasih saran & support, gue ngeyel tetep ngeluh, ya mungkin dia juga kesel, akhirnya dia bilang "lu ga boleh gitu lun! Lu baru begitu, dulu waktu ortu gue cerai gue harus bawa-bawa ade gue yang masih kecil sambil nenteng-nenteng koper!" Gue diem.
Saat itu gue berenti nangis dan meluk dia. Disitu gue janji kalo ternyata keluarga gue harus gimana-gimana gara-gara itu orang, gue akan terus ada buat nyokap dan tetep dukung bokap. Amin
Semakin kesini, gue baru menyadari bahwa gue punya potensi untuk mendinginkan suasana setiap keluarga gue agak-agak begitu. Alhamdulillah

***
Beberapa bulan yang lalu gue sedih dan ga nyangka banget, kalo ternyata temen gue dari tk ortunya cerai. Gue tau ini uda agak lama ternyata dari kejadiannya, gara-gara gue uda ga seperumahan lagi sama dia sekarang. Pas denger, rasanya gue langsung mau ngehubungin dia, ngomong sesuatu *entah mau ngomong apa padahal* , meluk dia. Tapi atas saran temen gue yang ngasih tau itu dan emang ga punya contact dia lagi, akhirnya gue urungkan niat gue.
Suatu hari gue ketemu sama dia di salahsatu rumah makan fast food di Bogor. Gue ngobrol sama dia as usual, meskipun dalam hati dag-dig-dug pengen nanya juga. Akhirnya gue beranikan diri buat nanya. Tapi baru aja gue ngomong dua patah kata dia langsung bilang "Oke lun, udah, gue uda tau apa yang mau lu tanyain" Gue masih tetep maksa sambil berusaha sopan nanya. Dia keliatan ga mau jawab, ga mau nginget mungkin tepatnya. Pas gue bilang "Oke, gue diem" dan dia uda agak tenang akhirnya dia mau ngomong juga. Dia jelasin kejadiannya secara singkat. Mata gue sama dia berkaca-kaca dan merah, nahan nangis. Setelah beres, gue pamit, setelah sebelumnya gue meluk dia.

***
Liburan gue kemaren rada keganggu juga, karena gue uda janji buat nyari kue buat temen gue si A (kita sebut saja dia si A) sama si I (kita sebut saja dia si I) . Disitu gue sempet ngerasa miris juga. Gue muter-muter bogor nyari kue buat sahabat gue, sedangkan waktu nyokap gue ultah kemaren itu adalah sehari setelah gue pulang LDK, kemaren-kemarennya lagi of course gue nyiapin LDK. Untungnya bokap bantuin. Ultah tahun kemarennya lagi, tanggal 8 itu pas banget sama hari terakhir LDK. Setelah sampai sekolah, dengan kaki pincang-pincang gara-gara pegel abis LDK gue beli bunga mawar deket sekolah, dijemput bokap, sampai rumah, ngasih bunga nya ke nyokap sambil pincang-pincang juga. Then, besoknya adalah Hari Ibu Sedunia, gue belum nyiapin apa-apa. Mati aja...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar