Minggu, 24 Oktober 2010

Pernah mengalami masalah keorganisasian dengan orang tua? Atau pelaksanaan kegiatan gitu? Pasti yang anak organisasi jawab PERNAH. Pernah ini bukan berarti selalu ya, pernah ya pernah (apasih -,-) Dari yang gue liat kayaknya sistem keorganisasian atau pelaksanaan kegiatan sekarang-sekarang ini beda ya sama dulu. Belum punya sumber pasti sih tapi kayaknya beda aja gitu. Dari mulai kekurangan dan kelebihan birokrasi nya serta pelaksanaannya. Entah semua sudut pandang yang dicerita-ceritain sama orang-orang tua itu dilaksanakan selebay mungkin, sejadul itu, atau mungkin sesederhana itu, tapi semua diceritain dengan gaya yang membuat kita lebih sering terpojok.
Contoh perkara :
1. Kelas 3 ga usah sibuk-sibuk
Ini nih paling banyak yang senasib. "Kelas 3 tuh jangan sibuk-sibuk, kayak ga ada ade kelasnya aja lalalala" (dibanding bla bla bla gue sekarang lebih seneng pake lalala karna kayak lagi nyanyi dan bisa diucapkan dengan berbagai nada sesuai selera) Kalo ada yang ngomong gitu gue langsung mikirin ade kelas gue yang notabene kelas 2 : masa dimana lagi pada menel-menel nya dan kelas 1 : masa orientasi terhadap lingkungan sekolah yang baru. Sedangkan ada acara yang harus dilaksanakan sebaik mungkin dan sasaran utama kegiatan itu biasanya siswa, yang notabene lagi 10 : 1 sama pembina atau guru-guru atau para sesepuh lah yang juga sama-sama menikmati acara tersebut, yang rata-rata masih labil dengan argumennya terhadap suatu konsep (nah kayak gue ini), banyak menuntut kesempurnaan, dan jarang mengerti apa arti proses.
Terus gue juga jadi mikir "Orang dulu kapan STJ (serah terima jabatan) nya sih? " kok bisa gitu ngomong "kelas 3 jangan sibuk-sibuk" padahal kan rata-rata serah terima jabatan kelas 3 kepada kelas 2 (kecuali ada kejadian khusus). Ini membuat gue jadi mikir lagi "Sistem birokrasi sekarang yang terlalu kreatif tapi berlebit apa (lagi-lagi) dulu yang terlalu sederhana?"
Para orangtua suka marah kalo kita terlalu sibuk, ada juga yang marah karna anaknya sibuk, dan bahkan ada yang ikut-ikutan komen & protes gara-gara anaknya diwajibkan ikut ekstrakurikuler -_____- ngek ngek

Kalo gue dalam situasi itu demi apapun gue ga akan mau

2. Memaksakan sesuatu yang dipaksakan (?)
Intermilan ---> Aduh maaf ya kalo ga banget, gue laper hiks T,T semoga kalian ngerti maksud tulisan gue yang diatas dan setelah ini haha

Iya, ada beberapa cases sih sebenernya. Ada ortu yang posesif dan ambisi masukin anaknya les atau at least ngasah bakat di satu bidang dan berkecimpung disitu. Yang parah kalo masukin anaknya les atau at least ngasah bakat dibanyak bidang dan menuntut semuanya kudu bagus astagfirullah
Ada lagi kasus lain, tidak diasah sama sekali. Bukan sama sekali juga kali ya cuma mungkin kurang menelaah. Karena menurut gue sih pada dasarnya kan orang uda diciptakan dengan kelebihan masing masing tuh (kalo nyebut bakat entar gue dimarahin chairmate gue lagi, soalnya kata dia ga ada yang namanya bakat semua cuma kemauan hihi) jadi pas masa-masa awal, kalo ortu-ortu pada baca nih, ya diasah lah bakat anak-anak nya. Tapi jangan maksa juga. Kenalin sama berbagai dunia and let them choose.
Jangan juga dibiarin gitu aja atau memilih terus mengikuti arus sekolah formal yang gitu-gitu aja. Yang dikhawatirkan adalah :
1) Mereka ga sadar sama sekali dan jadi orang biasa
2) Mereka sadar cuma telat untuk bisa bereksplorasi secara maksimal
3) Ga sadar-sadar jadi bruta -,-
Menurut seorang ahli kecerdasan aja ada SEMBILAN dan dengan bonus lagi semua orang itu unik, everybody can be success on their on way

3. Mungkin, butuh kesempatan
Gue cinta betdah (kampung gila) sama sesepuh yang bilang "Anak sekarang sama anak dulu beda ya? Yaaa jaman nya uda beda laaaah" tapi dalam hal positif (ga mojokin) gitu ya. Kalo menurut gue sih iya bener. Anak-anak sekarang tuh lebih kreatif, inovatif, tapi juga sensitif haha
Alhamdulillahnya lahan buat berkreasi dan bereksplorasi juga makin banyak jadi tersalurkan deeeeh
Tapi ya itu, ada kelebihan juga ada kekurangan. Pertama, sekarang sekolah makin macem-macem sekolah sampe sore lah, nuntut nilai bagus lah, apalah. Padahal kayak yang gue bilang everybody 'kan' can be success on their own way. Mungkin bener kata bokap "Indonesia cuma ngeliat dari nilai, bukan proses dari si anak itu mendapatkannya. Mempertahankan atau menjadi lebih baik, itu yang paling baik" Efeknya kita jadi agak sulit buat nyeimbangin otak kanan dan kiri deh, hat da otak deh, dunia dan akhirat deh (?)
Kedua, nah dari yang pertama kali timbullah efek lain. Orang-orang yang mau terus ngembangin skill, punya cukup uang banyak, dan mau buat ngeluarinnya, jadi ikutan LES laaaah. Sedangkan dulu? Ikut sanggar, bayar semampunya, tampil, VOILA!

Apalagi nyokap, merasakan indahnya dunia dengan ikut berkecimpung di bisnis keluarga : SANGGAR ARSVITA (ars longa vita brevis : seni itu panjang, hidup itu pendek) ---> meneketehe dah nulisnya gimane

Ketiga, karena banyak mau nya, anak sekarang kalo menurut gue sih lebih sensitif. Kurang bisa berfikir panjang, mudah tersulut, gampang putus aja (gue pernah mengalami soalnya hehe) sedangkan kayanya dulu emak gue pas ber-organisasi biasa biasa aja lu teh hehe
Ah nama nya juga anak gaul, ababil -,-

------------------------------------------------------->>>

Hmm, apalagi ya, uda deh itu aja komen gue. Jadi intinya kita sebagai remaja (kalo yang baca nya remaja) jangan putus asa gitu aja deh. Putus cinta, putus (patah) hati, ah pokonya yang gitu-gitu deuh (?) We were born to be different and be success on our own way. Semua uda disediain sama zaman dan Yang Maha Kuasa, itu semua gimana kita eksplor nya. Masalah sama ortu? Semua ortu bisa didiskusiin. Coba deh pikir kalo jadi mereka. Mereka itu cuma pengen yang terbaik buat kita kok. Cuma yang baik buat kita versi mereka belum tentu baik versi kita, dan belum tentu baik juga baik versi Allah. Jadi tentuin pilihan, omongin sama ortu, usaha, dan sama sama berdoa (ini nyambungnya ke usaha menuju universitas yipiii! )
Zaman kita dan mereka bedaaaaaaaaaaaaaaa banget, perlu adanya pengenalan dan penyampaian yang baik supaya bisa match (trs kenapa ngomongnya di blog? -,- )

Kalo yang mau sharing-sharing sama gue masalah beginian ayo ayo gue dengarkan :D tingting

Udah deh segitu aja dulu. Semoga gue bisa dapet pengalaman bermanfaat yang lebih lebih lebih banyak lagi dan bisa menyampaikannya dengan lebih lebih lebih baik lagi hahaha maaf ya kalo ga jelas, ngalor ngidul, ga penting, pokoknya yang jelek-jelek deh, namanya juga usahaaaaaaaaaa hahaha

Doakan saya! Saya mulai besok harus menjadi panitia PKS selama seminggu sebagai lagi lagi seksi HUMAS, dua hari pertama ikut lomba lomba, mengumpulkan beberapa tugas yang belum, dan UTS ULANG mate *nama ulangan disamarkan, kita sebut saja itu bunga* sampe sekarang gue masih ga ngerti kenapa harus diulang, dua kelas doang lagi. Seandainya kau tahu bu guru, mau gimana ge da saya mah kayaknya segitu segitu aja deh -_____-

TERIMAKASIIIIH !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar